TULISAN 7 ISD: Lebih baik tinggal di Desa atau Kota?

Jika Anda disuruh memilih antara hidup di desa atau di kota, maka Anda akan memilih yang mana? Tentu jawaban setiap orang berbeda-beda sesuai dengan kondisi yang mereka alami. Kehidupan di daerah perkotaan dan pedesaan memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Kelebihan dan kekurangan ini saling melengkapi, jadi susah untuk menentukan pilihan yang tepat. Faktor ligkunganpun sangat mempengaruhi keadaan sosial ekonomi setiap orang. Hal ini pun juga yang membedakan antara kehidupan di perkotaan dan pedesaan.
Suasana kehidupan pedesaan sangat bagus untuk kesehatan, sebab masih banyak pohon-pohon besar yang menjadikan udara tetap bersih yang kaya oksigen, tidak terlalu banyak kendaraan yang menyebabkan polusi di udara dan tidak adanya kemacetan. Untuk mendapatkan sayuran pun mudah, dapat menanam sayur sendiri dan tidak mengunakan obat-obatan pembunuh hama yang menjadikan sayuran tetap sehat. Kerukunan dan gotong royong dalam kehidupan bertetangga masih terjaga dengan baik. Mereka saling mengenal antara desa yang satu dengan desa yang lainnya. Misalnya ada yang punya pekerjaan di sawah menanam padi, maka tetangga sebelah pada saling membantu.
Hidup di desa memang sangat sehat, namun juga banyak kendala yang membuat kehidupan di desa ini kurang begitu maju dibandingkan kehidupan di kota. Hal ini dikarenakan sarana prasarana di desa kurang begitu lengkap dan maju, misalnya sekolah dan rumah sakit jauh dari kawasan pedesaan. Lapangan pekerjaanpun susah, walaupun ada itupun harus kerja di ladang orang dan gajinya tidak seberapa hanya cukup buat makan sehari-hari. Cara berpikir orang desa pun masih sebatas pemikiran zaman dulu, mereka beranggapan bahwa pendidikan itu kurang begitu penting karena untuk perempuan ujung-ujungnya akan kerja di dapur dan mengurus anak. Banyak yang menikah di usia remaja, namun sekarang sebagian anak ada yang lebih mementingkan pendidikan.
Di kota sarana prasarana sangat lengkap dari pendidikan, rumah sakit, bank, dan lain-lain. Akses jalan pun sangat mudah dan dekat, banyak kendaraan umum yang selalu ada. Semuanya sudah menggunakan teknologi maju yang memudahkan setiap pekerjaan orang. Lapangan pekerjaan sangat banyak dan gaji yang diperolehpun lumayan besar dibandingkan dari gaji yang diperoleh bekerja di desa. Cara berpikir mereka lebih maju dibandingkan orang-orang desa, mereka sangat mementingkan pendidikan dan karier. Dari kondisi yang seperti ini banyak orang-orang desa yang datang ke kota untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih layak dan memperbaiki ekonomi di rumah.
Dari segala hal yang baik pasti ada kekurangannya, begitupun segala sesuatu yang mudah dan di cari orang malah menimbulkan dampak yang sangat merugikan bagi orang-orang itu sendiri. Banyak orang yang berbondong-bondong ke kota mengakibatkan banyak didirikan perumahan yang harus mengorbankan pohon-pohon besar harus di tebang yang menjadikan udara sangat miskin dengan oksigen. Semakin banyak tujuan orang ke suatu tempat tertentu, mengakibatkan pula banyaknya kendaraan yang mereka perlukan untuk mempercepat ke tempat tujuan. Asap yang di hasilkan kendaraan juga menyebabkan tercemarnya udara dan kemacetan, ditambah pula asap dari banyak industri. Biaya hidup juga lebih mahal, segala sesuatu harus bayar tidak ada yang gratisan. Orang perkotaan kerukunan dan gotong royong sangat lemah sekali bahkan juga tidak pernah ada.
Dari kedua keadaan kehidupan antara di desa dan di kota saling melengkapi. Kelemahan pedesaan merupakan suatu kelebihan bagi kehidupan perkotaan, dan kelemahan kehidupan perkotaan merupakan suatu kelebihan bagi kehidupan pedesaan. Untuk mendapatkan kehidupan seimbang kita harus mempunyai solusi bagaimana kita harus tinggal dan menetap. Semasa kita masih bisa bekerja dan ingin memiliki perekonomian yang lebih baik, kita harus giat bekerja di tempat dimana kita mudah mendapatkan perkerjaan. Setelah masa kita untuk pensiun dan beristirahat sebaiknya kita tinggal di pedasaan, karena ditempat inilah tempat yang sehat bebas dari polusi dan menikmati masa tua dengan penuh rasa nyaman dan tenang.

Komentar