Tugas 1 Inovasi SI & New Technology: Pengertian Sistem Informasi

Beberapa ahli telah mengemukakan pendapat tentang pengertian sistem informasi. Contohnya adalah Alter, Henry Lucas, John F Nash, dan Robert A Leitch.


Alter: sistem informasi adalah sistem sebagai bagian khusus dari sistem kerja ketika manusia atau mesin melaksanakan pekerjaannya menggunakan sumber daya untuk memproduksi barang atau jasa tertentu yang ditujukan untuk pelanggan atau pengguna.


Henry Lucas: pengertian sistem informasi menurut Henry Lucas adalah sebuah kegiatan dari berbagai prosedur yang terorganisisir. Jika sistem tersebut dilaksanakan, maka akan tersedia informasi yang dapat mendukung terwujudnya pengendalian dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi atau kelompok tertentu.


John F Nash: pengertian sistem informasi adalah kombinasi dari beberapa manusia, alat teknologi atau fasilitas, media, pengendalian dan prosedur tang tujuannya menata jaringan komunikasi yang terstruktur, berkesinambungan, dan mempunyai sebuah aturan baku. Tujuannya adalah supaya dapat membantu pihak manajemen mengambil keputusan yang tepat berdasarkan pada pemakai data ekstern dan intern.


Robert A Leitch: pengertian sistem informasi menurut Robert A Leitch adalah sebuah sistem di dalam suatu organisasi yang menjadi sarana untuk mempertemukan kebutuhan transaksi harian dan hal yang mendukung operasi perusahaan, orang, atau organisasi. Hal ini bersifat manajerial dengan kegiatan berupa penyediaan laporan-laporan yang diperlukan oleh pihak yang bersangkutan.


Jika pengertian di atas kurang jelas karena diambil dari ilmuwan luar, pengertian secara terminologi menurut kamus bahasa Indonesia mungkin akan memberikan sedikit gambaran tentang pengertian sistem informasi.


Secara bahasa, sistem berarti kumpulan orang yang saling melakukan kerja sama dengan melakukan berbagai ketentuan dari aturan yang sifatnya sistematis dan terstruktur untuk membentuk sebuah kesatuan dalam melaksanakn sebuah fungsi demi tercapainya tujuan bersama.


Pengertian informasi menurut bahasa adalah data yang dapat diolah menjadi lebih berguna dan mempunyai arti bagi orang atau kelompok yang menggunakan data tersebut. mengurangi ketidakpastian dalam proses untuk mengambil keputusan dari sebuah keadaan.




Sumber: https://satujam.com/pengertian-sistem-informasi/

Komentar